Ganjar Pranowo: Garap Sektor Maritim Saja, Kita Bisa Naikkan Pendapatan Negara Ratusan Kali Lipat

KUPAS TUNTAS86

- Redaksi

Selasa, 30 Mei 2023 - 15:14 WIB

4089 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

JAKARTA I KUPAS TUNTAS 86 – Ganjar Pranowo Capres PDI-P Tahun 2024 meyakini bahwa Indonesia akan menjadi negara dengan ekonomi terkuat di dunia. Tak sekadar hanya menjadi ramalan, Ganjar juga optimis hal itu benar-benar terwujud dengan roadmap yang disusun secara jelas.

Hal itu disampaikan Ganjar Pranowo saat dirinya diundang untuk menjadi pembicara MNC Forum LXX (70th) bertajuk Globalisasi, Peluang dan Tantangan Bagi Indonesia ke Depan di Jakarta Concert Hall iNews Tower lantai 14, pada Senin.(29/5/2023)

Acara itu turut dihadiri oleh pendiri MNC, Hary Hary Tanoesoedibjo dan 23.000 karyawan MNC, serta para kader dan elit partai Perindo.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Siapa bilang Indonesia itu negara miskin?, Kita itu negara kaya dan diramalkan jadi negara dengan ekonomi terkuat di dunia, dan Indonesia itu kaya, hanya kita belum menghitung seberapa besar potensi itu. Kalau saya dikasih amanah, saya akan cari orang untuk menghitung itu, lalu kita optimalkan”, katanya tegas.

Ganjar Pranowo mencontohkan, diantara sumber kekayaan alam yang belum dieksplore dengan baik di Indonesia adalah sektor maritim. Negara kepulauan yang memiliki luas lautan 3.273.810 km² ini, masih belum mengoptimalkan sumber daya yang ada di dalamnya.

“Luas laut kita itu enam (6) kali lebih dari Vietnam. Tapi, hasil laut kita jika dibanding dengan Vietnam baru sepertiganya. Kita masih kalah”, katanya.

Baca Juga :  Kadiv Humas Polri Buka Pertandingan Menembak Pemimpin Redaksi

Jika kita perhatikan bersama bahwa Laut Indonesia baru dioptimalkan untuk perikanan tangkap. Dari sektor perikanan tangkap saja, Indonesia belum memberikan sumbangsih besar. Sektor perikanan tangkap di Indonesia masih kalah jika dibandingkan negara lain.

Dikatakannya lagi, “Padahal banyak sektor lain yang bisa menghasilkan manfaat besar dari maritim Indonesia. Sektor energi, mineral dan semua kekayaan yang terkandung di lautan Indonesia termasuk tourism, dan masih banyak yang lainnya”, ungkapnya.

“Kalau sektor maritim ini kita garap serius dan dioptimalkan, kita bisa menaikkan PDB kita 100 persen tiap tahun”, jelasnya lagi.

Belum lagi lanjut Ganjar Pranowo soal potensi lain. Presiden Jokowi sudah meletakkan pondasi hilirisasi nikel dan bauksit. Saat ini, program hilirisasi berhasil meningkatkan ekspor hingga 300 kali. Nilai ekspor naik dari Rp.11,95 triliun menjadi Rp.326 triliun.

Presiden Jokowi juga telah membangun infrastruktur yang sangat luar biasa. Jalan tol, bendungan, kawasan industri dan lainnya.

“Apa itu cukup?, belum, karena itu masih baru pondasi, dan tugas kita kedepan adalah untuk melanjutkan. Hilirisasi harus sampai pada industrialisasi. Jalan tol, bendungan dan semua proyek infrastruktur yang ada harus bisa meningkatkan nilai tambah. Itu tugas kita”, tuturnya.

Baca Juga :  Mental Maling Di Lembaga Peradilan Kita Masih Terus Ada

Dengan semua yang ada itu lanjut Ganjar, menjadi negara maju bukan lagi mimpi. Percepatan dan kerja keras harus segera dilakukan. Butuh gotong royong, kekompakan dan persatuan untuk mewujudkannya.

Termasuk, lanjut dia, “Bagaimanapun mewujudkan pemerintahan yang bersih, berintegritas dan melayani. Praktik-praktik korupsi, gratifikasi dan pelayanan ribet harus dibuang jauh-jauh dari negeri ini”, jelasnya.

“Maka, sekarang ngomongnya jangan yang receh. Maaf, ketika kita masih mempersoalkan perbedaan RAS, SUKU, dan AGAMA, kita tidak akan pernah maju. Sudahlah, mari kita hentikan perdebatan itu. Kita jaga persatuan, rampak barisan untuk menyongsong masa depan yang gemilang”, pungkasnya kembali.

Apresiasi tinggi diberikan puluhan ribu orang yang hadir kepada Ganjar. Bahkan, pendiri MNC sekaligus ketua PERINDO, HARY TANOESOEDIBJO (HT) mengacungi jempol atas ide dan gagasan yang disampaikan oleh Tokoh Nasional Ganjar Pranowo.

“Luar biasa sekali Pak Ganjar, telah memberikan paparan dan ide gagasan yang sangat menarik. Saya yakin semua orang yang hadir mendapatkan interest”, ucap HT.

Biasanya, lanjut dia, “Acara MNC Forum hanya diikuti oleh jajaran ELITE MNC GROUP. Namun, kali ini HT sengaja mengundang semua karyawan dan kader PERINDO karena sosok GANJAR PRANOWO adalah sosok yang sangat strategis .

Berita Terkait

Iqbal Irsyad: Jadikan PWI Jaya Lahan Pengabdian & Akan Gelar UKW Gratis
Prabowo Dan Tkn Dinilai Lupakan Bara JP, Sekjend DPP Bara JP Ingatkan “Kami Juga Berkeringat”
Prabowo Dan Tkn Dinilai Lupakan Bara JP, Sekjend DPP Bara JP Ingatkan “Kami Juga Berkeringat”
Bara JP Setia Hingga Akhir di Garis Jokowi dan Mengawal Presiden Terpilih Prabowo-Gibran
Polsek Pademangan : Safari Ramadhan Santuni Anak Yatim dan Buka Puasa Bersama Pokdar Kamtibmas
PUSAT PENGEMBANGAN RISET SAMPAH INDONESIA (PERISAI) MENDUKUNG KEBIJAKAN PENGELOLAAN SAMPAH SECARA KOMPREHENSIF
Aliansi Aktivis Kota (AKTA) Siap Mengerahkan Semua Kekuatan Untuk Memenangkan Nikson Nababan Dalam Pilgub SUMUT
Ketum PWO Dwipa Kecam Oknum Penyidik Polres Ketapang panggil Wartawan Sebagai Saksi Terkait Berita Yang Sudah Ada Hak Jawab

Berita Terkait

Rabu, 24 April 2024 - 08:10 WIB

NGERI !!!…INTELMAS GELAR BARU UNTUK BRIPKA NANANG SUMANTRI, S.H ALIAS ABANG UMAN WONGE NEGORO

Rabu, 24 April 2024 - 08:04 WIB

POLSEK LAREN GIATKAN PATROLI ANTISIPASI BANJIR BENGAWAN SOLO DENGAN MENINGKATKAN PINTU SUDETAN FLOODWAY DI DESA PELANGWOT

Rabu, 24 April 2024 - 06:06 WIB

Bhabinkamtibmas Desa. Priyoso aipda ampri Prasetya sambang desa dan memberikan himbauan kepada masyarakat agar mengantisipasi maraknya pencurian hewan ternak yang lokasinya jauh dari pemukiman agar melakukan jaga kandang bergantian

Rabu, 24 April 2024 - 05:32 WIB

Polsek Karangbinangun,Tingkatkan Patroli presisi Dialogis Sampaikan Pesan Kamtibmas Kepada Warga Masyarakat Di Wilayah Karangbinangun

Rabu, 24 April 2024 - 04:22 WIB

POLSEK KEDUNGPRING GIAT COMMANDER WISH Diantaranya! Pastikan Lalulintas Berjalan aman dan kondusif

Rabu, 24 April 2024 - 04:08 WIB

GIAT PATROLI WILAYAH GUNA ANTISIPASI BENCANA ALAM DI WILAYAH POLSEK BLULUK

Rabu, 24 April 2024 - 03:40 WIB

Patroli Kota Presisi Blue Lihht Diantaranya! Antisipasi Gesekan Antar Perguruan Silat Dan 3C Di Wilkum kecamatan Sukodadi

Rabu, 24 April 2024 - 03:15 WIB

Polsek Sukodadi Menggelar Patroli Obyek Vital Antisipasi GuanKamtibmas Di Wilayah Sukodadi

Berita Terbaru