Optimalisasi Aset- Aset Potensial, Menjadi Fokus Utama PTPN 1 Regional 1

KUPAS TUNTAS86

- Redaksi

Selasa, 2 April 2024 - 18:44 WIB

4073 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

MEDAN | SETELAH melebur ke dalam Supporting Co, PTPN 2 yang berganti nama menjadi PTPN 1 Regional 1, ke depan akan lebih fokus untuk mengurusi asset-asset potensial yang dimilikinya, baik yang telah dilakukan kerjasama dengan pihak ketiga, maupun yang masih belum diselesaikan dan masih dikuasai secara sepihak oleh pihak lain.

Sesuai tuppoksinya, sektor produksi unggulan PTPN 2 selama ini seperti kelapa sawit, sudah dikerjasamakan pengelolaannya ke Palm Co, sementara untuk gula pasir diserahkan pengelolaannya kepada PT SGN (Sinergi Gula Nusantara). Di samping merupakan langkah effisiensi yang dilakukan Holding Perkebunan Nusantara III (Persero), langkah ini dimaksudkan untuk bisa memacu lebih cepat peningkatan produksi perkebunan Negara, khususnya di sektor kelapa sawit dengan program hilirisasi produknya, seperti minyak goreng dan sejenisnya, serta ikut menjaga stabilitas harga di pasaran termasuk gula pasir konsumsi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Optimalisasi asset yang dilakukan dengan kerjasama kepada pihak ketiga, saat ini memberikan manfaat yang cukup besar bagi PTPN 1 Regional 1. Karena dengan memanfaatkan lahan-lahan HGU (Hak Guna Usaha) untuk pemanfaatan lain di luar perkebunan, seperti kawasan permukiman Kota Mandiri Bekala, yang bekerjasama dengan Perum Perumnas, serta Kota Deli Megapolitan yang menggandeng pengembang Nasional, mampu mengangkat nilai pendapatan perusahaan serta citra perusahaan di mata publik. Apalagi lahan-lahan HGU yang dimiliki itu sudah tidak sesuai lagi untuk dikembangkan sebagai areal perkebunan.

Baca Juga :  Polda Sumut dan Bea Cukai Ungkap Penyelundupan Pakaian Bekas Asal Malaysia

“Sehingga perubahan peruntukannya langsung disetujui Menteri BUMN karena membawa dampak positif bagi PTPN 1 Regional 1,” jelas Kasubbag Humas PTPN 1 Regional 1, Rahmat Kurniawan di kantornya, Selasa (02/04).

Di sisi lain dengan adanya langkah-langkah optimalisasi asset yang dilakukan, PTPN 1 (saat masih disebut PTPN 2) mampu melunasi berbagai kewajibannya kepada karyawan pensiunan, yang sudah tertahan bertahun-tahun. Seperti pelunasan pembayaran Santunan Hari Tua (SHT) yang mencapai angka Rp. 500 Milyar. Jika tidak ada terobosan yang dilakukan dengan langkah-langkah optimalisasi asset ini, menurut Rahmat, tidak mungkin perusahaan bisa melunasi kewajibannya dalam jumlah yang sangat besar.

Karena itulah, ke depan, PTPN 1 Regional 1 akan terus fokus terhadap langkah optimalisasi asset, baik terhadap Hak Guna Usaha (HGU) aktif, yang masih dikuasai pihak lain secara sepihak, maupun lahan-lahan eks HGU yang kini juga masih dikuasai pihak lain. Pihak PTPN 1 Regional 1, akan terus berusaha untuk bisa mendapatkan kembali lahan-lahan HGU, khususnya yang masih dikuasai pihak lain yang sama sekali tidak berhak atas lahan HGU tersebut. “Kita akan terus berusaha dengan langkah-langkah persuasif, agar warga masyarakat faham bahwa asset Negara yang dikelola PTPN 1 Regional 1 harus dipertanggungjawabkan, jadi tidak mungkin dilepas begitu saja,” tambah Rahmat Kurniawan lagi.

Baca Juga :  PT . FSB Apresiasi Ketua Komisi IV DPRD Kota Medan, Haris Kelana Damanik,ST.,M.H Saat RDP

Sementara untuk lahan-lahan eks HGU, khususnya yang telah dinyatakan keluar dari HGU, seluas 5873,06 PTPN 1 Regional 1 telah melakukan sosialisasi melalui Pemkab Deli Serdang dan Kepala-kepala Desa, yang intinya memberikan kesempatan bagi warga untuk memiliki lahan-lahan eks HGU tersebut, dengan cara mengajukan permohonan kepada Gubernur Sumatera Utara sesuai dengan nominatifnya dan setelah dilakukan verifikasi maka ditetapkan nilai SPS yang harus disetor kepada Negara,

Semua ini berkat kerja keras dan kerja cerdas Board of Regional Management PTPN I Regional 1 yang dikomandoi Bapak Didik Prasetyo, dan atas dukungan Pemprov Sumut, Kajati Sumut, Ulama, BPN, Kodam I/BB, Polda Sumut, Satpol PP, Serikat Pekerja Perkebunan daan instansi instansi terkait, jelas Rahmat mengakhiri. (Tim/RI-1)

Berita Terkait

Bakti Sosial GRIB Jaya Medan, 1 Truk Sembako Didistdibusikan Bantu Korban Bencana Tanah Datar
Polsek Medan Tembung Berhasil Ungkap Kasus Pembakaran Seorang Ibu
Satu Minggu Lebih Air Mati Total,Warga Jalam Mantri Medan Maimun Kecewa Kinerja PDAM Tirtanadi
Kapolrestabes Medan Beserta Toko Masyarakat Membunyikan Sirine Menandakan Terbentuknya Polsek Medan Tembung
Warga Sibolangit Datangi Polrestabes Medan Minta Pelaku Penggelapan Mobilnya Segera Ditangkap
Gawat! Mamak Mamak di Kecamatan Resah Akan G*dol Minta Tolong Kepada Kapolda Sumut
Mobil Warga Kecamatan Sibolangit Diduga Digelapkan Oleh Tigor Anggota Godol
Warga Sibolangit Dianiaya dan Diculik Oleh Puluhan Pria Berkelewang, Katanya Mau Dibawa Ke Kandang Kuda ?

Berita Terkait

Senin, 13 Mei 2024 - 04:45 WIB

Kapolres Gresik Pimpin Sertijab Kapolsek Gresik Kota dan Kapolsek Ujung Pangkah

Sabtu, 6 April 2024 - 03:13 WIB

Polres Gresik Gelar Pengamanan Tradisi Malam Selawe

Sabtu, 6 April 2024 - 03:10 WIB

Jumat Curhat, Polres Gresik Sambangi Warga Suci Sampaikan Pesan Kamtibmas

Kamis, 4 April 2024 - 11:33 WIB

Polres Gresik Peringati Nuzul Quran 1445H/2024 M

Kamis, 4 April 2024 - 06:55 WIB

Kapolres Gresik : Warga Gresik yang Mudik Bisa Titip Kendaraan di Mapolres Gresik Gratis

Rabu, 3 April 2024 - 14:38 WIB

Polres Gresik Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2024, Siapkan 4 Pospam dan Posyan Bunder

Selasa, 2 April 2024 - 02:01 WIB

Kapolres Gresik Gelar Buka Bersama dan Santunan Anak Yatim di 10 Hari Terakhir Ramadan

Senin, 1 April 2024 - 08:43 WIB

Polres Gresik Patroli SPBU, Cek Stok dan Antisipasi Penyalahgunaan BBM

Berita Terbaru

HUKUM & KRIMINAL

Polsek Medan Tembung Berhasil Ungkap Kasus Pembakaran Seorang Ibu

Senin, 20 Mei 2024 - 11:28 WIB